TEKNIK MENULIS KARYA ILMIAH
Menulis Karya Ilmiah adalah suatu keterampilan seseorang yang didapat melalui berbagai Latihan menulis. Hasil pemikiran, baik konseptual maupun yang disertai bukti empirik, tidak banyak berguna jika tidak disebarluaskan.
Meskipun
beragam cara dapat digunakan untuk menyebarluaskan hasil pemikiran
tersebut, media yang banyak digunakan untuk mengomunikasikannya adalah
media cetak atau dengan kata lain melalui tulisan. Makin efektif tulisan
yang dibuat, makin tinggi kemungkinan tulisan dipahami pembaca.
Untuk
menghasilkan tulisan yang efektif tentu dibutuhkan keterampilan teknik
menulis yang memadai. Membicarakan teknik menulis, artinya membicarakan
cara mengemas ide dalam bentuk tulisan sedemikian rupa sehingga orang
yang membaca tulisan tersebut dapat menangkap ide yang disampaikan
dengan benar.
Mata
kuliah ini akan mengantarkan Anda untuk memahami dan mengkaji berbagai
hal dalam teknik menyusun dan menyajikan karya ilmiah. Pengalaman
belajar yang menunjang pencapaian kompetensi yang diharapkan tersebut,
Anda harus banyak latihan menyusun karya ilmiah dengan mengkaji berbagai
sumber, seperti buku materi pokok (BMP) dan referensi lain yang
berhubungan dengan penulisan karya ilmiah, serta menggunakan
prinsip-prinsip penulisan yang baik.
Materi
yang disajikan dalam mata kuliah ini, mencakup tentang hakikat dan
karakteristik karya ilmiah, prinsip-prinsip penciptaan karya ilmiah, dan
teknik menyusun karya ilmiah, serta menyajikan karya ilmiah baik secara
tertulis maupun secara lisan yang efektif. Berkaitan dengan hal
tersebut, mata kuliah ini akan mengemas komponen-komponen tersebut dalam
6 modul sebagai berikut.
1. Modul 1: membahas tentang hakikat dan karakteristik karya ilmiah.
2. Modul 2: membahas tentang persiapan dan teknik pengumpulan informasi untuk penulisan karya ilmiah.
3. Modul 3: membahas tentang teknik menulis untuk mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah.
4. Modul 4: membahas tentang menulis karya ilmiah sesuai target pembaca.
5. Modul 5: membahas tentang menyusun dan menulis karya ilmiah.
6. Modul 6: membahas tentang cara mempresentasikan karya ilmiah dengan efektif.
Mata
kuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dalam menyusun
berbagai bentuk karya ilmiah, baik berupa analisis atau kajian
konseptual maupun laporan penelitian serta mampu menyajikannya dengan
baik, dan secara khusus kompetensi yang diharapkan setiap mahasiswa
adalah mampu:
1. menjelaskan hakikat dan karakteristik karya ilmiah;
2. menjelaskan persiapan dan teknik pengumpulan informasi untuk penulisan karya ilmiah;
3. menjelaskan teknik menulis untuk mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah;
4. menulis karya ilmiah sesuai target pembaca;
5. menyusun dan menulis karya ilmiah;
6. mempresentasikan karya ilmiah dengan efektif.
Kemampuan
Anda dalam menguasai mata kuliah ini akan dinilai melalui hasil tes dan
laporan tugas individual, seperti berikut ini.
1. Membuat abstrak.
2. Membuat karya ilmiah sesuai target pembaca.
3. Membuat karya ilmiah lengkap.
4. Membuat bahan presentasi karya ilmiah.
Hasil
dari keempat tugas tersebut, dipersilakan Anda kemas dalam satu bentuk
laporan tugas individual, dan Anda kirimkan ke Jurusan Pendidikan IPS
FKIP - UT melalui Pusat Pengujian UT.
MODUL 1: Hakikat dan Karakteristik Karya Ilmiah
Kegiatan Belajar 1: Hakikat Karya Ilmiah
Rangkuman
Karya ilmiah merupakan karya tulis yang menyajikan gagasan, deskripsi atau pemecahan masalah secara sistematis, disajikan secara objektif dan jujur, dengan menggunakan bahasa baku, serta didukung oleh fakta, teori, dan atau bukti-bukti empirik.
Tujuan
penulisan karya ilmiah, antara lain untuk menyampaikan gagasan,
memenuhi tugas dalam studi, untuk mendiskusikan gagasan dalam suatu
pertemuan, mengikuti perlombaan, serta untuk menyebarluaskan ilmu
pengetahuan/hasil penelitian.
Karya
ilmiah dapat berfungsi sebagai rujukan, untuk meningkatkan wawasan,
serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan. Bagi penulis, menulis karya
ilmiah bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis,
berlatih mengintegrasikan berbagai gagasan dan menyajikannya secara
sistematis, memperluas wawasan, serta memberi kepuasan intelektual, di
samping menyumbang terhadap perluasan cakrawala ilmu pengetahuan.
Karya
ilmiah populer adalah karya ilmiah yang disajikan dengan gaya bahasa
yang populer atau santai sehingga mudah dipahami oleh masyarakat dan
menarik untuk dibaca.
Kegiatan Belajar 2: Karakteristik Karya Ilmiah
Rangkuman
Karakteristik sebuah karya ilmiah dapat dikaji dari minimal empat aspek, yaitu struktur sajian, komponen dan substansi, sikap penulis, serta penggunaan bahasa.
Karakteristik sebuah karya ilmiah dapat dikaji dari minimal empat aspek, yaitu struktur sajian, komponen dan substansi, sikap penulis, serta penggunaan bahasa.
Struktur sajian karya ilmiah sangat ketat, biasanya terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup.
Bagian awal merupakan pengantar ke bagian inti, sedangkan inti
merupakan sajian gagasan pokok yang ingin disampaikan yang dapat terdiri
dari beberapa bab atau subtopik. Bagian penutup merupakan simpulan
pokok pembahasan serta rekomendasi penulis tentang tindak lanjut gagasan
tersebut.
Komponen
karya ilmiah bervariasi sesuai dengan jenisnya, namun semua karya
ilmiah mengandung pendahuluan, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka.
Artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal mempersyaratkan adanya abstrak.
Sikap
penulis dalam karya ilmiah adalah objektif, yang disampaikan dengan
menggunakan gaya bahasa impersonal, dengan banyak menggunakan bentuk
pasif, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua.
Bahasa
yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku yang tercermin
dari pilihan kata/istilah, dan kalimat-kalimat yang efektif dengan
struktur yang baku.
MODUL 2: Persiapan Penulisan Karya Ilmiah
Kegiatan Belajar 1: Persiapan Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Rangkuman
Tahap persiapan penulisan karya ilmiah terdiri dari kegiatan-kegiatan berikut ini.
Tahap persiapan penulisan karya ilmiah terdiri dari kegiatan-kegiatan berikut ini.
1. Pemilihan
topik/masalah untuk tulisan, yang dapat dilakukan dengan cara
merumuskan tujuan dengan jelas dan spesifik serta menentukan dan
menelusuri topik tulisan agar lebih terfokus.
2. Pengidentifikasian calon pembaca.
3. Penentuan cakupan materi untuk tulisan.
Kegiatan Belajar 2: Pengumpulan Informasi untuk Penulisan Karya Ilmiah
Rangkuman
Pokok-pokok materi yang telah Dipelajari adalah berikut ini.
Rangkuman
Pokok-pokok materi yang telah Dipelajari adalah berikut ini.
1. Proses
pengumpulan data/informasi untuk keperluan penulisan karya ilmiah dapat
dilakukan dengan cara penelusuran bahan atau sumber bacaan di
perpustakaan dan melacak informasi dari orang-orang yang ahli dalam
bidang tertentu dengan jalan mewawancarainya.
2. Dalam
memanfaatkan perpustakaan, ada beberapa bagian yang perlu diketahui
cara penggunaannya, yaitu encyclopedia, bibliografi, periodical,
referensi, data statistik, dan terbitan-terbitan pemerintah.
3. Penelusuran
pustaka dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu lewat online catalog,
biasanya menggunakan terminal komputer sebagai sumber informasinya, dan
card-catalog (kartu katalog), di mana semua informasi tentang
pengarang/penulis buku/artikel, judul buku dan subjek/topik tulisan
dicatat dalam kartu.
4. Terdapat
3 (tiga) jenis kartu katalog yang, dapat digunakan pada saat
penelusuran pustaka, yaitu kartu katalog yang berisi informasi tentang
pengarang/penulis, judul buku/artikel dan subjek/topik yang ditulis.
5. Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penelusuran data/informasi untuk tulisan dengan cara wawancara adalah berikut ini.
a) Menentukan siapa yang akan diwawancarai.
b) Mengembangkan pedoman wawancara.
c) Melaksanakan wawancara.
d) Mengolah data hasil wawancara.
6. Pedoman
wawancara yang berisi daftar pertanyaan yang akan diajukan merupakan
salah satu prasyarat terpenting yang menentukan keberhasilan suatu
wawancara. Pedoman wawancara ini harus dikembangkan berdasarkan cakupan
materi atau permasalahan yang akan dikembangkan dalam karya tulis
ilmiah.
MODUL 3: Teknik Menulis dan Kemampuan Berpikir Ilmiah
Kegiatan Belajar 1: Menulis Karya Ilmiah
Rangkuman
1. Karya
tulis ilmiah adalah hasil rangkaian gagasan yang merupakan hasil
pemikiran yang didasarkan pada fakta, peristiwa, dan gejala yang
disampaikan secara akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.
2. Persyaratan
bagi sebuah tulisan untuk dianggap sebagai karya ilmiah adalah
menyajikan aplikasi hukum alam pada situasi spesifik, cermat, tepat,
jujur, dan tidak bersifat terkaan, sistematis, dilengkapi dukungan dan
pembuktian, tulus, dan bersifat ekspositoris
3. Empat
tabu bagi penulis ilmiah adalah mengakui tulisan orang lain, menukangi,
menutupi kebenaran dengan sengaja, dan menyulitkan pembaca.
4. Faktor
yang mempengaruhi kualitas tulisan ilmiah dilihat dari penggunaan
bahasa adalah pemilihan kata yang tepat, pendefinisian yang tepat, dan
penulisan yang singkat. Sementara itu, tulisan ilmiah yang komunikatif
dapat dihasilkan dengan memperhatikan gaya menulis, penyampaian ide, dan
ekspresi.
Kegiatan Belajar 2: Teknik Menulis Artikel Konseptual
Rangkuman
1. Tiga faktor yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan efektivitas tulisan adalah panjang tulisan, judul, dan nada.
2. Abstrak
tulisan konseptual (75-100 kata) mencakup informasi tentang topik (yang
dinyatakan dalam satu kalimat), tujuan, hipotesis, ruang lingkup
artikel, sumber yang digunakan (misalnya observasi personal, literatur
yang dipublikasikan), dan kesimpulan.
Kegiatan Belajar 3: Teknik Menulis Laporan dan Artikel Penelitian
Rangkuman
Rangkuman
1. Tujuh
aspek materi yang harus diperhatikan pada saat menulis laporan atau
artikel ilmiah (Bartol, 1981) adalah signifikansi pertanyaan penelitian,
reliabilitas dan validitas instrumen penelitian, kesesuaian hasil
dengan variabel yang diteliti, kesesuaian desain penelitian,
keterwakilan populasi dalam partisipan, penerapan standar etika, dan
kesiapan pelaporan hasil.
2. Tujuh
aspek teknis yang harus diperhatikan kelengkapannya dalam menulis
laporan atau artikel hasil penelitian adalah halaman judul, abstrak,
pendahuluan, metode, hasil, diskusi, dan referensi
MODUL 4: Menulis Karya Ilmiah sesuai dengan Target Pembaca
Kegiatan Belajar 1: Bagaimana Pembaca Memahami Tulisan
Rangkuman
1. Input
dalam proses membaca ialah bahan tertulis yang dibaca, sedangkan
output-nya adalah pemahaman terhadap bahan tertulis tersebut. Input
lainnya dalam kegiatan membaca ialah kondisi yang mempengaruhi pembaca.
Kondisi tersebut di antaranya ialah kondisi internal pembaca yang
meliputi pengetahuan dan pengalaman sebelumnya.
2. Pengetahuan
pembaca terhadap kata berhubungan dengan aspek semantik, sintaktik, dan
pragmatik dari kata tersebut. Aspek semantik berkaitan dengan makna
luas dari sebuah kata itu. Aspek sintaktik terkait dengan pengkategorian
kata. Pengetahuan pembaca mengenai aspek pragmatik memungkinkan pembaca
memahami arti kata dalam tulisan berdasarkan arti secara keseluruhan
dari tulisan tersebut.
3. Pemaknaan
kata dijelaskan dalam dua teori berikut. Pertama, makna kata merujuk
pada objek yang dinyatakan oleh kata tersebut. Misalnya, makna kata
"kursi" terkait dengan objek yang digunakan untuk duduk. Namun, tidak
semua kata memiliki objek sebagai rujukannya. Teori lain menyatakan
bahwa kata tidak merujuk kepada objek tetapi pada konsep. Oleh karena
itu, kata tertentu tetap digunakan meskipun objeknya telah berganti.
4. Proses
membaca dipengaruhi oleh empat kondisi pembaca, yaitu (1) kemampuan
pembaca dalam memproses kata dan kalimat, (2) kemampuan pembaca memahami
apa yang tersirat, (3) kemampuan pembaca menangani kata-kata baru, dan
(4) kemampuan pembaca untuk memilih informasi dalam tulisan berdasarkan
kebutuhannya.
Kegiatan Belajar 2: Target Pembaca
Rangkuman
1. Pemahaman
terhadap target pembaca dan karakteristiknya merupakan kunci untuk
membuat tulisan ilmiah yang berhasil. Penulis perlu mencari tahu hal-hal
yang terkait dengan target pembaca melalui pertanyaan (1) siapa yang
akan membaca tulisan ini, (2) apa yang mereka ketahui mengenai subjek
yang ditulis ini, (3) mengapa mereka akan membaca tulisan ini, dan (4)
bagaimana mereka akan membaca tulisan ini?
2. Target pembaca digolongkan dalam (1) masyarakat akademis, (2) masyarakat ilmiah, (3) penyandang dana, dan (4) masyarakat umum.
3. Karakteristik
dari target pembaca masyarakat akademis ialah bersifat menguji terhadap
tulisan ilmiah yang dibacanya. Pembaca memfokuskan pada keakuratan
informasi serta cara memperoleh informasi tersebut.
4. Karakteristik
target pembaca ini ialah mereka membaca untuk menambah pengetahuan
keilmuan dalam bidangnya. Laporan ilmiah untuk target pembaca masyarakat
ilmiah mementingkan unsur kebaruan dan keaslian. Informasi ilmiah yang
baru dan orisinal sangat dihargai oleh target pembaca masyarakat
akademis.
5. Laporan
ilmiah untuk target pembaca penyandang dana menekankan pada
kekonsistenan terhadap TOR. Informasi dalam laporan ilmiah perlu
konsisten dengan yang disyaratkan pada TOR. Meskipun laporan ilmiah
merupakan "pesanan" penyandang dana, namun objektivitas perlu dijaga
sesuai dengan etika ilmiah. Pengertian pesanan dalam hal ini, hanyalah
menyangkut tujuan kegiatan ilmiah, bukan pada hasilnya.
6. Penulisan
yang ditujukan pada target pembaca masyarakat umum memerlukan cara
mengomunikasikan hasil penelitian yang hati-hati, cermat, dan teliti.
Pengungkapan harus lebih mudah dipahami oleh masyarakat awam dengan cara
pengungkapan bahasa sehari-hari yang populer. Istilah teknis sedapat
mungkin dihindari agar memudahkan pembaca memahaminya. Topik yang
diangkat dalam tulisan difokuskan pada informasi yang sudah pasti saja
yang sudah disepakati oleh kebanyakan pakar. Laporan ilmiah dengan
target pembaca masyarakat umum perlu menekankan pada informasi yang
praktis dan terkait dengan kehidupan sehari-hari mereka.
MODUL 5: Menulis Karya Ilmiah
Kegiatan Belajar 1: Sistematika dan Cara Penyusunan Laporan Penelitian
Rangkuman
Secara umum, sistematika suatu laporan penelitian yang lengkap terdiri dari 3 bagian pokok, yaitu (1) bagian pembuka, (2) bagian inti, dan (3) bagian penutup.
Rangkuman
Secara umum, sistematika suatu laporan penelitian yang lengkap terdiri dari 3 bagian pokok, yaitu (1) bagian pembuka, (2) bagian inti, dan (3) bagian penutup.
Bagian pembuka sebuah laporan penelitian lengkap harus mengandung komponen-komponen berikut ini.
1. Judul.
2. Halaman judul.
3. Halaman pengesahan.
4. Halaman penerimaan.
5. Kata pengantar.
6. Abstrak.
7. Daftar isi.
8. Daftar tabel.
9. Daftar grafik, bagan atau skema.
10. Daftar singkatan dan lambang.
Bagian
pembuka umumnya digunakan apabila laporan penelitian merupakan tulisan
yang berdiri sendiri secara utuh. Untuk laporan penelitian dalam jurnal
atau bagian dari sebuah buku, tidak seluruh unsur dalam bagian pembuka
tersebut digunakan.
Bagian
inti merupakan menyajikan atau mengomunikasikan informasi ilmiah yang
ingin disampaikan. Pada bagian inti inilah seluruh komponen pendahuluan,
kajian pustaka dan kerangka teori, metodologi penelitian, hasil dan
pembahasan, serta simpulan dan saran disajikan secara lengkap.
1. Pendahuluan
Pendahuluan merupakan tulisan yang disusun untuk memberikan orientasi kepada pembaca mengenai isi laporan penelitian yang akan dipaparkan, sekaligus perspektif yang diperlukan oleh pembaca untuk dapat memahami informasi yang akan disampaikan
Pendahuluan merupakan tulisan yang disusun untuk memberikan orientasi kepada pembaca mengenai isi laporan penelitian yang akan dipaparkan, sekaligus perspektif yang diperlukan oleh pembaca untuk dapat memahami informasi yang akan disampaikan
2. Kajian Pustaka dan Kerangka Teori
Kajian
pustaka mengungkapkan teori-teori serta hasil-hasil penelitian
terdahulu yang pernah dilakukan pada topik yang sama atau serupa.
Berdasarkan analisis terhadap pustaka tersebut, peneliti dapat membatasi
masalah dan ruang lingkup penelitian, serta menemukan variabel
penelitian yang penting dan hubungan antarvariabel tersebut.
3. Metodologi Penelitian
Pada
bagian ini biasanya dijelaskan secara rinci mengenai desain penelitian,
populasi dan sampel penelitian, metode pengumpulan dan analisis data,
serta kelemahan penelitian.
4. Hasil dan Pembahasan
Hasil
dan pembahasan pada dasarnya merupakan inti dari sebuah tulisan ilmiah.
Pada bagian ini penulis menyajikan secara cermat hasil analisis data
serta pembahasannya berdasarkan kajian pustaka dan kerangka teori yang
telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.
5. Simpulan dan Saran
Simpulan
adalah gambaran umum seluruh analisis dan relevansinya dengan hipotesis
dari penelitian yang dilakukan. Simpulan diperoleh dari uraian
analisis, interpretasi dan deskripsi yang telah dituliskan pada bagian
analisis dan pembahasan. Untuk menulis simpulan, penulis perlu
mengajukan pertanyaan pada diri sendiri tentang hasil apa yang paling
penting dari penelitian yang dilakukan. Jawaban dari pertanyaan
tersebutlah yang dituliskan pada bagian simpulan. Pada bagian akhir,
biasanya simpulan disertai dengan saran mengenai penelitian lanjut yang
dapat dilakukan
Bagian
penutup pada umumnya terdiri dari (1) daftar pustaka, (2) lampiran,
serta (3) daftar indeks dan atau glosarium. Daftar pustaka merupakan hal
yang wajib dicantumkan, sedangkan lampiran dan daftar indeks hanya
dituliskan apabila diperlukan. Daftar pustaka yang dimasukkan adalah
hanya yang signifikan dan terkait dengan penelitian, baik dalam bentuk
bahan cetakan, elektronik atau seminar. Daftar Pustaka yang disusun
sesuai standar internasional yang paling banyak digunakan, yaitu standar
dari Association of American Psychology (APA).
Lampiran dapat berupa tabel, gambar, peta, bagan, instrumen penelitian, seperti kuesioner atau daftar checklist untuk observasi, dan bentuk lain yang terkait dengan penjelasan yang telah dipaparkan dalam bagian inti laporan.
Indeks adalah daftar kata atau istilah yang terdapat pada laporan. Penulisan indeks harus berkelompok berdasarkan abjad awal kata atau istilah yang akan dituliskan. Penulisan Indeks ditujukan agar pembaca dapat dengan cepat mencari istilah atau kata-kata khusus yang terdapat dalam laporan tersebut.
Lampiran dapat berupa tabel, gambar, peta, bagan, instrumen penelitian, seperti kuesioner atau daftar checklist untuk observasi, dan bentuk lain yang terkait dengan penjelasan yang telah dipaparkan dalam bagian inti laporan.
Indeks adalah daftar kata atau istilah yang terdapat pada laporan. Penulisan indeks harus berkelompok berdasarkan abjad awal kata atau istilah yang akan dituliskan. Penulisan Indeks ditujukan agar pembaca dapat dengan cepat mencari istilah atau kata-kata khusus yang terdapat dalam laporan tersebut.
Kegiatan Belajar 2: Sistematika dan Cara Penyusunan Makalah
Rangkuman
Makalah pada dasarnya merupakan bentuk karya ilmiah yang paling sederhana di antara karya ilmiah lainnya. Menurut Efendi (1991) makalah diartikan sebagai karya ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif. Makalah juga dapat berupa penyajian pemikiran ataupun mendiskusikan suatu wacana yang dianalisis secara ilmiah, yang juga terdiri dari bagian pembuka, inti dan penutup.
Rangkuman
Makalah pada dasarnya merupakan bentuk karya ilmiah yang paling sederhana di antara karya ilmiah lainnya. Menurut Efendi (1991) makalah diartikan sebagai karya ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif. Makalah juga dapat berupa penyajian pemikiran ataupun mendiskusikan suatu wacana yang dianalisis secara ilmiah, yang juga terdiri dari bagian pembuka, inti dan penutup.
Bagian
pembuka pada penulisan makalah sangat sederhana dan umumnya dituangkan
dalam halaman judul saja. Karena sifatnya yang singkat, pada umumnya
antara 5-20 halaman tergantung keperluan dan aturan yang dikenakan maka
pada makalah tidak lazim disertakan keterangan, misalnya "Daftar Isi"
dan "Kata Pengantar".
Bagian
inti makalah hasil penelitian, seperti halnya pada laporan penelitian,
berisi pengantar/pendahuluan, metodologi penelitian, kajian pustaka dan
kerangka teori, hasil dan pembahasan, serta simpulan dan saran.
Perbedaannya dengan laporan penelitian, penyampaian uraian unsur-unsur
ini dalam makalah disajikan dalam versi yang lebih singkat.
Bagian penutup digunakan untuk menyampaikan simpulan hasil penelitian.
Kegiatan Belajar 3: Penyusunan Abstrak
Rangkuman
Secara umum abstrak dapat diartikan sebagai versi mini dari sebuah karya ilmiah. Menurut Houghton (1975) abstrak dapat didefinisikan sebagai rangkuman informasi yang terdapat dalam sebuah dokumen. Abstrak untuk karya ilmiah harus menyajikan rangkuman singkat dari tiap bagian penting dalam karya ilmiah seperti pembukaan, kajian materi dan metode, hasil, dan pembahasan.
Secara umum abstrak dapat diartikan sebagai versi mini dari sebuah karya ilmiah. Menurut Houghton (1975) abstrak dapat didefinisikan sebagai rangkuman informasi yang terdapat dalam sebuah dokumen. Abstrak untuk karya ilmiah harus menyajikan rangkuman singkat dari tiap bagian penting dalam karya ilmiah seperti pembukaan, kajian materi dan metode, hasil, dan pembahasan.
Dalam
penulisan sebuah karya, setidaknya ada dua jenis yaitu: abstrak
informatif dan abstrak deskriptif. Abstrak informatif merupakan
ringkasan dan memuat hal-hal pokok yang asli dalam sebuah karya ilmiah.
Abstrak informatif banyak digunakan dalam penulisan makalah jurnal atau
penulisan karya ilmiah hasil penelitian. Abstrak deskriptif dirancang
untuk menunjukkan subjek atau bahasan dari sebuah karya ilmiah, yang
mempermudah calon pembaca untuk memutuskan akan membaca seluruh karya
tersebut atau tidak.
Abstrak
sebuah karya ilmiah dapat diterbitkan bersama-sama dengan naskah
aslinya, tetapi dapat juga diterbitkan secara tersendiri. Apabila
abstrak diterbitkan bersama dengan naskah aslinya maka abstrak dapat
berfungsi sebagai petunjuk depan atau heading bagi pembaca. Dengan
membaca abstrak, pembaca mengetahui tentang isi tulisan tersebut
sehingga pembaca dapat menentukan secara cepat apakah dia perlu
membacanya atau tidak atau membaca dengan cepat.
Abstrak
untuk karya tulis hasil penelitian menggunakan jenis abstrak informatif
yang memiliki struktur yang jelas. Seperti telah dijelaskan sebelumnya
abstrak penulisan laporan penelitian pada intinya terdiri dari 5 hal
penting, yaitu (1) latar belakang, (2) tujuan, (3) metode, (4) hasil,
dan (5) simpulan.
MODUL 6: Presentasi Lisan yang Efektif
Kegiatan Belajar 1: Kriteria dan Persiapan Presentasi Efektif
Rangkuman
Presentasi yang efektif memenuhi kriteria sebagai presentasi yang komunikatif, memicu berpikir pendengarnya dan memotivasi untuk melakukan tindakan sebagai tindak lanjut. Di samping itu, presentasi efektif, materi atau isinya harus akurat, benar, tepat, dan lengkap.
Presentasi yang efektif memenuhi kriteria sebagai presentasi yang komunikatif, memicu berpikir pendengarnya dan memotivasi untuk melakukan tindakan sebagai tindak lanjut. Di samping itu, presentasi efektif, materi atau isinya harus akurat, benar, tepat, dan lengkap.
Mempersiapkan
suatu presentasi dilakukan melalui serangkaian langkah. Pertama,
menganalisis siapa yang akan menjadi peserta atau pendengar presentasi,
dengan memperhatikan di antaranya karakteristik, pekerjaan, dan minat
mereka. Pemahaman terhadap pendengar akan membantu pembicara untuk
membuat kaitan atau hubungan antara topik yang dibahas dengan kebutuhan
dan minat peserta. Langkah kedua, menyusun garis besar materi dan
melengkapi persiapan melalui riset tambahan, dilanjutkan dengan
menyiapkan visual dan berlatih melakukan presentasi dengan menggunakan
perangkat presentasi yang telah dikembangkan.
Kegiatan Belajar 2: Menyampaikan Presentasi
Rangkuman
Kegiatan belajar ini membahas tentang berbagai faktor yang harus dipertimbangkan dalam menyajikan suatu presentasi. Pokok yang dibahas mencakup bagaimana mengatasi rasa cemas sebagai pembicara yang sering menghambat seseorang untuk dapat berbicara dengan efektif, dengan cara menguasai materi pembicaraan dengan baik. Dalam menyampaikan presentasi perlu memberikan penekanan pada pokok-pokok pikiran yang penting dan menggunakan ilustrasi dalam berbagai bentuk visual, menggunakan pandangan mata untuk berkomunikasi dengan pendengar, menggunakan tanya jawab untuk memberikan klarifikasi berbagai pokok pembahasan serta menepati waktu presentasi baik pada waktu memulai dan mengakhiri presentasi.
Kegiatan belajar ini membahas tentang berbagai faktor yang harus dipertimbangkan dalam menyajikan suatu presentasi. Pokok yang dibahas mencakup bagaimana mengatasi rasa cemas sebagai pembicara yang sering menghambat seseorang untuk dapat berbicara dengan efektif, dengan cara menguasai materi pembicaraan dengan baik. Dalam menyampaikan presentasi perlu memberikan penekanan pada pokok-pokok pikiran yang penting dan menggunakan ilustrasi dalam berbagai bentuk visual, menggunakan pandangan mata untuk berkomunikasi dengan pendengar, menggunakan tanya jawab untuk memberikan klarifikasi berbagai pokok pembahasan serta menepati waktu presentasi baik pada waktu memulai dan mengakhiri presentasi.
Pembicara
yang baik perlu melakukan evaluasi apa yang telah dilakukan dan
menggunakan hasilnya untuk perbaikan presentasi pada kesempatan lain.
0 komentar:
Posting Komentar