Yusuf Jabung
Home » » PDGK4205 Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran dalam Pembelajaran Terpadu

PDGK4205 Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran dalam Pembelajaran Terpadu



A.    Pengertian
Keterampilan membuka pelajaran merupakan keterampilan yang berkaitan dengan usaha guru dalam memulaib kegiatan pembelajaran, sedangkan keterampilan menutup pelajaran adalam keterampilan yang berkaitan dengan usaha guru dalam mengakhiri kegiatan pembelajaran. Sesungguhnya, dalam suatu kegiatan pembelajaran, kegiatan membuka dan menutup pelajaran tidak hanya terjadi pada awal dan akhir kegiatan pembelajaran saja, tetapi dapat pula terjadi beberapa kali selama kegiatan pembelajaran berlangsung, yaitu pada awal dan akhir setiap penggal kegiatan pembelajaran. Misalnya, pada satu kegiatan pembelajaran dibahas beberapa topic / pokok bahasan dalam satu tema. Pada awal dan akhir pembahasan setiap topic / pokok bahasan tersebut guru dapat melakukan kegiatan membuka dan menutup pelajaran.

B.     Manfaat
Keterampilan membuka pelajaran dalam pembelajaran terpadu dapat memberi manfaat untuk :
1.        Memantapkan mental siswa memasuki kegiatan inti pembelajaran
2.        Membangkitkan motovasi danperhatian siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
3.        Memberikan gambaran yang jelas tentang aktivitas belajar yang akan dilakukan
4.        Menyadarkan siswa akan adanya keterkaitan antara pengalaman yang sudah dimiliki dengan  tema yang akan dipelajari.
Keterampilan menutup pelajaran dalam pembelajaran terpadu dapat memberi manfaat untuk :
1.        Memantapkan pemahaman siswa terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilaluinya
2.        Mengetahui tingkat keberhasilan daripelaksanaan pembelajaran terpadu
3.        Menetapkan kegiatan tindak lanjut yang hrus dilakukan siswa untuk mengembangkan kompetensi yangtelah dikuasainya

C.    Komponen Keterampilan membuka Pelajaran
1.      Menumbuhkan Perhatian Siswa
Perhatian merupakan salah satu prinsip yang diperlukan dalam belajar. Jika ingin berhasil dalam menarik perhatian siswa, guru bisa melakukannya dengan berbagai cara, diantaranya :
a.         Variasi gaya mengajar guru
b.        Pengunaan pembelajaran yang tepat dan dapat menarik perhatian siswa
c.         Pengunaan pola interaksi pembelajaran yang bervariasi

2.      Membangkitkan Motivasi Siswa
a.         Memperlihatkan sikap hangat dan antuasias
b.        Menimbulkan rasa ingin tahu
c.         Mengemukakan ide yang bertentangan
d.        Memperhatikan minat siswa


3.      Memberi Acuan
a.         Mengemukakan tujuan dan batas tugas
b.        Menjelaskan langkah pembelajaran
c.         Mengingaktkan inti tema yang akan dipelajari
d.        Mengajukanpertanyaan

4.      Membuat Kaitan

D.    Komponen Keterampilan Menutup Pelajaran
Untuk menutup pelajaran dalam pembelajaran terpadu guru harus memperhatikan komponen-komponen keterampilanya yakni :
1.        Meninjau kembali materi pelajaran yang telah dibahas 
2.        Melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.