A. Pengertian
Keterampilan bertanya merupakan kemampuan guna untuk memperoleh informasi tentang sesuatu objek yang ditanyankan dan meningkatkan terjadinya interaksi pembelajaran yang efektif.
B. Manfaat
Keterampilan dalam pembelajaran terpadu dapat memberi manfaat diantaranya untuk :
1. Membantu siswa memahmi berbagai konsep dari tema yang dipelajari
2. Meningkatkan keterlibatan siswa dalam memecahkan berbagai masalah
3. Memperkirakan tingkat pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan
4. Meningkatkan efektifitas pembicaraan di kelas sehingga benar-benar merupakan penjelasan yang bermakna bagi siswa
5. Membantu siswa menggali pengetahuan dari berbagai sumber
6. Mengatasi kekurangan berbagai sumber belajar yang diperlukan
7. Menggunalan waktu secara lebih efektif dan efisien
Keterampilan bertanya dalam pembelajaran terpadu dapat memberi menfaat diantaranya untuk mengarahkan siswa lebih efektif mempelajari sesuatu tema dari berbagai aspek yang terintegrasi :
1. Meningkatkan kegiatan belajara yang lebih bervariasi dan bermakna
2. Mendorong siswa untuk berperan sebagai sumber informasi
3. Memupuk kebiasaan siswa untuk selalu bertanya
4. Meningkatkan keterlibatan siswa secara mental
5. Menumbuhkan keberanian siswa
6. Menguji pemahaman siswa terhadap materi yang telah dibahas
C. Komponen Keterampilan Menjelaskan
Merencanakan isi tema pembelajaran terpadu yang akan dijelaskan merupakan tahap awal keberhasilan dari kegiaatan menjelaskan. Dalam merencanakan isi tema pembelajaran terpadu ini perlu memperhatikan hal penting berikut :
1. Isi tema yang akan dijelaskan harus dianalisis secara keseluruhan termasuk unsur-unsur yang berkait dalam isi tema tersebut
2. Isi tema mencerminkan inti atau esensi dari kompetensi dasar dan indicator-indikator pada masing – masing mata pelajaran
3. Isi tema memiliki signifikansi atau memiliki tingkat keberatian yang tinggi bagi siswa
4. Isi tema mengandung nilai guna bagi kehidupan siswa atau menunjang kecakapan hidup
Komponen-komponen menjelaskan diantaranya :
1. Kejelasan
Kejelasan ini biasanya menyangkut hal-hal berikut :
a. Kelancaran dan kejelasan ucapan dalam berbicara
b. Susunan kalimat yang digunakan
c. Penggunaan istilah
2. Pengunaan contohv dan ilutsrasi
3. Pemberiaan tekanan
4. Umpan balik
D. Komponen-Komponen Keterampilan Bertanya
Komponen-komponen keterampilan bertanya sebagai berikut :
1. Pengungkapan pertanyaan yang jelas dan singkat sehingga mudah dipahami oleh para siswa
2. Pemberian acuan. Pertanyaan yang disampaikan guru dalam suatu proses pembelajaran akan dijawab dengan benar oleh siswa jika siswa tersebut mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan tersebut.
3. Pemusatan dalam keterampilan bertanya dimaksudkan untuk memfokuskan perhatian siswa pada inti materi pembelajaran tertentu yang dipelajari.
4. Pemindahan giliran dan penyebaran pertanyaan untukpenguasaan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran terpadu.
5. Pemberian waktu belajar. Setelah mengajukan suatu pertanyaan, guru perlu memberikan waktu kepada siswa untuk memikirkan jawaban yang tepat atas pertanyaan tersebut, terlebih untuk pertanyaan-pertanyaan yang cukup kompleks.
6. Pemberian tuntunan
0 komentar:
Posting Komentar