Lampiran 1
Kesediaan
sebagai Supervisor 2 dalam Penyelenggaraan
Pemantapan
Kemampuan profesional (PKP)
Kepada
Kepala UPBJJ-UT……………
di…………
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama
: …………………………………………………..
NIP
: …………………………………………………..
Tempat
mengajar :
…………………………………………………..
Alamat
Sekolah :
…………………………………………………..
Telepon
: …………………………………………………..
menyatakan bersedia sebagai
Supervisor 2 untuk membimbing mahasiswa dalam perencanaan dan pelaksanaan PKP
(PDGK4501) atas:
Nama
: …………………………………………………..
NIM
: …………………………………………………..
Program
Studi :
…………………………………………………..
Tempat
mengajar : …………………………………………………..
Alamat
Sekolah :
…………………………………………………..
Telepon
: …………………………………………………..
Demikian agar surat pernyataan ini
dapat digunakan sebagimana mestinya.
Mengetahui,
…………..,………….20…
Kepala
sekolah
Supervisor 2,
…………………………
…………………………
NIP…………………….
NIP…………………….
No.Tlp/HP……………..
No.Tlp/HP……………..
Lampiran 4. Format Perencanaan
Perbaikan Pembelajaran
Perencanaan
Perbaikan Pembelajaran
IPA/IPS/Bahasa
Indonesia/matematika/Tematik*
Fakta/Data Pembelajaran yang terjadi
di kelas:………………………………………….
Identifikasi
masalah:………………………………………………………………………
Analisis
Masalah:………………………………………………………………………….
Alternatif dan
Prioritas:……………………………………………………………………
Rumusan
Masalah:…………………………………………………………………………
RPP
Perbaikan:……………………………………………………………………………..
*) Coret yang tidak perlu
Lampiran 6
LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN HASIL PERBAIKAN
PEMBELAJARAN………
Nama
Mahasiswa
: ………………………
NIM
: ………………………
Program
Studi
: ………………………
Tempat
mengajar
: ………………………
Jumlah
Siklus
Pembelajaran
: .………………………
Hari dan
tanggal
Pelaksanaan
: Siklus 1, Hari……,tanggal…………
Siklus 2, Hari……,tanggal…………
Siklus 3, Hari……,tanggal…………
Masalah yang
Merupakan Fokus Perbaikan:
1. …………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
2. …………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………..,
…..20……
Menyetujui,
Mahasiswa
Supervisor
1,
…………………………
…………………………
NIP…………………….
NIM…………………….
Lampiran 7
LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT
Saya menyatakan dengan sesungguhnya
bahwa laporan Praktek Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) yang saya susun
sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah PKP pada Program Studi S1 PGSD
Universitas Terbuka (UT) Seluruhnya merupakan hasil karya saya sendiri.
Adapun bagian-bagian tertentu dalam
penulisan laporan PKP yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah
dituliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika
penulisan karya ilmiah.
Apabila di kemudian hari ditemukan
seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan hasil karya saya sendiri atau
adanya plagiasi dalam bagian-bagian tertentu, saya bersedia menerima sanksi,
termasuk pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai dengan
perundang-undangan yang berlaku.
………………….., ………………20…….
Yang membuat pernyataan,
Materai 6.000
…………………
NIM……………
Lampiran 8
SISTEMATIKA
LAPORAN PKP
Halaman Judul
Lembar Pengesahan
Lembar Pernyataan Bebas Plagiat
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Daftar Lampiran
Abstrak
I.
Pendahuluan
A. Latar
Belakang Masalah
1. Identifikasi
Masalah:
-
Menjelaskan kondisi pembelajaran yang terjadi di kelasnya
-
Menjelaskan pembelajaran yang diharapkan sesuai dengan pendapat ahli
2. Analisis
Masalah
3. Alternatif
Dan Prioritas Pemecahan Masalah
B. Rumusan
Masalah
C. Tujuan
Penelitian Perbaikan Pembelajaran
D. Manfaat
Penelitian Perbaikan Pembelajaran
II.
Kajian Pustaka
III.
Pelaksanaan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
A. Subjek,
Tempat, Waktu Penelitian, Pihak yang Membantu
B. Desain
Prosedur Perbaikan pembelajaran
C. Teknik
Analsis Data
IV.
Hasil dan pembahasan
A. Deskripsi
Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
B. Pembahasan
Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
V.
Simpula dan Saran serta Tindak Lanjut
1. Simpulan
2. Saran Tindak
Lanjut
Lampiran
1. Kesediaan
Supervisor 2 sebagai pembimbing PKP.
2. Perencanaan
PTK (fakta/data pembelajaran yang terjadi di kelas, identifikasi masalah,
alternatif pemecahan masalah, rumusan masalah).
3. Berkas RPP
Prasiklus, RPP Perbaikan siklus 1, RPP Perbaikan siklus 2, RPP perbaikan siklus
3 (bila diperlukan).
4. Lembar
Observasi/Pengamatan Terisi.
5. Jurnal
pembimbingan dengan Supervisor 2.
6. Hasil
pekerjaan siswa terbaik dan terburuk per siklus.
0 komentar:
Posting Komentar