Home »
UT
» MODUL 2. MEDIA DAN BAHAN MANIPULATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD
Yusuf Jabung
00.49
Media pembelajaran dalam pembelajaran matematika SD adalah alat bantu
pembelajaran yang digunakan untuk menampilkan, mempresentasikan,
menyajikan, atau menjelaskan bahan pelajaran kepada peserta didik, yang
mana alat-alat itu sendiri bukan merupakan bagian dari pelajaran yang
diberikan.
Jenis media dapat dikelompokkan dari aspek-aspek yang berbeda, misalnya ;
1. Dari bahan, berupa media cetak dan media nin cetak
2. Dari tayangan, berupa media proyeksi dan media non proyeksi
3. Dari kelistrikan, berupa media elektronik dan media non-elektronik
4. Dari ukuran kemajuan, media sederhana dan media modern
Alat-alat itu dapat berupa segala bentuk papan (tulis, tempel), segala
bentuk cetakan (bukan LKS, modul, petunjuk/pedoman kurikulum), segala
bentuk bahan elektronik(kalkulator, radio, TV, film, VCD, DVD,komputer,
internet, LCD)
Bahan manipulatif dalam pembelajaran matematika SD adalah alat bantu
pembelajaran yang digunakan terutama untuk menjelaskan konsep dan
prosedur matematika. Alat ini merupakan bagian langsung dari mata
pelajaran matematika, dan dapat dimanipulasikan oleh peserta didik (
dibalik, dipotong, digeser, dipindah, digambar, ditambah, dipilah,
dikelompokkan/diklafikasikan ). Penggunaan alat ini untuk mempermudah
siswa dalam memahami konsep dan prosedur matematika.
KB 1. MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD
Keuntungan penggunaan media pembelajaran :
1. Lebih menarik dan tidak membosankan siswa
2. Lebih mudah dipahami karena dibantu visualisasi yang dapat memperjelas uraian
3. Lebih bertahan lama dan mudah diingat karena siswa lebih terkesan dengan terhadap tampilan dan tayangan
4. Mampu melibatkan peserta pembelajaran lebih banyak dan lebih tersebar
5. Dapat digunakan berulang kali untuk peningkatan penguasaan materi(kaset, vcd, dvd, film)
6. Lebih efektif karena dapat mengurangi waktu pembelajaran.
Jenis-jenis media dan penggunaannya :
1. Papan tulis / white boad
2. Papan grafik, hampir sama dengan papan tulis , tetapi fungsinya
untuk mempermudah guru dalam membuat grafik. Papan ini mempunyai
kotak-kotak berskala tetap yang dpat dipakai untuk merancang koordinat
dari titik-titik yang diperlukan untuk membuat grafik
3. Papan tempel, dapat diletakkan didalam atau di luar kelas. Jika
didalam kelas dipasang disamping kelas tidak didepan. Fungsinya untuk
memasang informasi , menempel kliping dari koran , majalah atau brosur
yang berkaitan dengan pelajaran atau kemajuan iptek, dan untuk memasang
karya-karya siswa yang terpilih. Untuk matematika , dapat digunakan
untuk menginformasikan /menhkomunikasikan antara lain tokoh-tokoh
matematisi, sejarah matematika, rekreasi matematika, permainan,
pola-pola khusus dan tebakan matematika.
4. Media cetak, dapat dibawa dan dibaca dimana saja dan kapan
saja. Dapat berupa LKS, buku paket, petunjuk praktek, lpaoran, modul
dan buku kerja.
5. Kalkulator, termasuk media elektronik yang mudah didapati dengan
harga terjangkau.
Termasuk alat hitung canggih yang mampu melakukan
perhitungan dengan cepat dan akurat.
a. Kalkulator sebagai alat bantu berhitung
b. Kalkulator sebagai alat bantu meningkatkan pemahaman konsep matematika
c. Kalkulator sebagai alat bantu belajar pemecahan masalah
6. Komputer, perangkat lunak(software) misalnya MAT LAB, MAT CAD,
DERIVE,
MATHEMTICA, MAPLE) memuat topik-topik penyelesaian persoalan
matematika(misalnya polinomial, grafik fungsi, pendiferensialan,
pengintegralan, grafik dimensi tiga, matriks dan permasalahannya)
a. Model tutorial, model pembelajaran berupa uraian atau penjelasan
topik-topik tertentu yang dapat dilengkapi dengan contoh dan latihan
soal. ----(linear dan bercabang)
b. Model latihan dan praktek (drill & practice), model
pembelajaran berupa latihan mengerjakan soal-soal. Tujuan dari latihan
ini adalah untuk lebih memantapkan pemahaman konsep, dan lebih terampil
dalam menyelesaikan beragam soal.
c. Model simulasi (demonstrasi), model pembelajaran untuk
memperagakan hal-hal yang sulit dilakukan karena mempunyai resiko besar
( berbahaya, sangat mahal, langka). Digunakan untuk menunjukkan atau
menampilkan proses, terutama hubungan tingkah laku grafik fungsi
karena perbedaan besaran-besaran tertentu; menampilkan gambar
bangun-bangun geometri ruang dengan bidang-bidang irisan serta
garis-garis tertentu ; menampilkan transformasi dan simetri
bangun-bangun geometri. Dengan model simulasi ininyang abstrak dapat
diperagakan menjadi teramati(observable) sehingga menjadi lebih mudah
dipahami.
7. Media Tayangan, media yang mampu menayangkan program
pembelajaran pada layar sehingga bisa diikuti banyak orang. Media ini
berupa OHP (over head projector), LCD , film.
0 komentar:
Posting Komentar