Yusuf Jabung
Home » » Cara membuat virgin coconut oil / VCO

Cara membuat virgin coconut oil / VCO

Minyak kelapa murni / VCO terbukti bermanfaat kesehatan dan dapat digunakan untuk memasak serta merawat kulit dan rambut. Virgin Coconut Oil diyakini mempunyai kualitas tinggi , dibuat secara alami dan bebas dari bahan kimia . 
 
Pelajari bagaimana cara membuat VCO sendiri di rumah dengan menggunakan metode-metode fermentasi spontan sebagai berikut:
1. Pilih kelapa yang sudah matang atau yang berwarna cokelat bukan yang hijau muda, lalu belah kelapa menjadi 2 bagian.
2. Untuk mengambil daging kelapa gunakan pisau tajam atau sendok logam yang kokoh.
3. Potong daging kelapa menjadi potongan-potongan kecil.
4. Tempatkan potongan ke dalam alat pemarut kelapa.
cara membuat virgin coconut oil 
5. Blender parutan kelapa dengan food processor kecepatan sedang hingga daging kelapanya hancur. Anda bisa menambahkan sedikit air untuk membantu proses penghancuran dan pembuatan santan.
6. Saring santan. Gunakan kain katun tipis yang diletakan di atas wadah mulut lebar. Tuangkan sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok kecil. Peras daging kelapa yang sudah dihancurkan tadi menggunakan kain katun tipis. Lakukan secara berulang sampai santan kelapanya habis.
7. Diamkan air perasan kelapa selama minimal 24 jam. Agar santan dan minyak dapat terpisah dan lapisan minyak akan muncul di bagian atas. Anda bisa juga mendinginkan wadah fermentasi setelah 24 jam, hingga temperatur 10oC. Maka minyak dibagian atas dapat membeku dan mudah diambil.
8. Ambil minyak dengan menggunakan sendok, dan anda telah mendapatkan virgin coconut oil VCO murni. Bagian air tersisa di dalam botol bagian bawah.

Cara sederhana membuat VCO ini dapat anda praktekkan sendiri di rumah. Pada dasarnya proses ini umum digunakan karena mudah, cukup dengan fermentasi spontan saja. Memang kualitas proses fermentasi ini tidak bisa bertahan lama, karena kita tidak mudah mengontrol bakteri fermentasi yang bekerja, serta tidak bisa memastikan kapan fermentasi ini selesai.

Sumber : pureextravirgincoconutoil.com

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.